Rabu, 24 Agustus 2016

Langkah – Langkah Pencegahan Kanker Hati

Seiring dengan kemajuan teknologi pengobatan kanker modern, seperti Intervensi, Cryosurgery, Nano Knife dan berbagai metode Minimal Invasif lainnya, semakin besar harapan kesembuhan bagi para pasien kanker.
Peluang kesembuhan pasien akan semakin tinggi apabila penanganan diberikan kepada pasien sejak gejala awal kanker hati muncul.
Berikut ini merupakan langkah cara mencegah kanker hati yang dapat dilakukan:
1.Kurangi rokok dan minuman beralkohol
Rokok dan minuman alkohol mengandung banyak sekali senyawa radikal bebas sehingga dapat memperburuk kondisi dari penderita. Oleh karena itulah hingga saat ini rokok dan minuman beralkohol masih dianggap sebagai penyebab kanker hati. Selain itu, dengan adanya senyawa radikal tersebut maka sel kanker akan semakin menyebar dan merusak sel sehat yang ada disekitar tempat sel kanker berkembang.
2.Kurangi konsumsi makanan olahan daging seperti sosis, nugget, sate
Konsumsi olahan daging seperti sosis, nugget, sate dalam intensitas waktu yang sering dapat mengakibatkan masuknya bakteri dan jamur yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Selain itu juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus besar.
3.Istirahat cukup
Pada saat istirahat, tubuh akan mengalami metabolisme dan regenerasi sel baru, jika tubuh tidak beristirahat secara cukup, maka kondisi tubuh akan semakin menurun, dan organ hati akan bekerja ekstra keras untuk membuang zat beracun di dalam tubuh. Dengan disertai sel kanker yang berkembang, maka apabila tubuh penderita tidak beristirahat secara cukup maka akan semakin memperburuk keadaan. Pada kondisi kelelahan akut, pengobatan kanker hati tidak akan terlalu memberikan perkembangan positif bagi tubuh.
4.Pemberian vaksin hepatitis B
Seseorang yang memiliki riwayat penyakit hepatitis dan liver sangat rentan untuk terkena penyakit kanker hati. Oleh karena itu, melengkapi dengan pemberian vaksin dapat membentuk pertahanan tubuh agar seseorang tidak mudah terkena virus hepatitis.
5.Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur bertujuan untuk memperlancar peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar, maka pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh dapat dilakukan secara merata.
6.Hindari paparan zat kimia berbahaya
Anda dapat menggunakan masker untuk melindungi anda dari radiasi zat kimia tersebut.
7.Makan teratur
Dengan makan secara teratur akan menjaga stabilitas asam lambung sehingga tidak mempengaruhi organ hati dan juga mencegah terjadinya kanker lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...