Minggu, 28 Februari 2016

Ubi Jalar, Makanan Enak, Murah dan Sehat

Ubi jalar adalah makanan sumber serat dan sumber vitamin antioksidan A,C, dan E, yang rendah lemak dan bebas kolesterol. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata, kulit dan jaringan didalam tubuh, serta menguatkan sistem imun. Antioksidan berguna untuk menetralkan radikal bebas yang menyebabkan proses penuaan, penyakit jantung dan kanker. Nilai kalori ubi jalar sama dengan kentang tapi kandungan gulanya lebih tinggi. 
Di beberapa daerah tertentu, ubi jalar merupakan salah satu komoditi bahan makanan pokok. Ubi jalar dapat diolah menjadi berbagai bentuk atau berbagai macam produk olahan.
Kandungan pada ubi jalar adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat. Menurut pakar tanaman obat Prof Hembing Wijayakusuma, ubi jalar memiliki sifat kimia manis, dingin, astringen. Efek farmakologisnya berkhasiat sebagai tonik, menghentikan perdarahan.
Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah ubi dan daun. Ubi jalar bisa digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes mellitus), Caranya ambil 100 gram ubi jalar, 15 gram kulit labu bligo (Benincasa hispida), dan 50 gram biji alpukat direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 500 cc. Lalu disaring dan diminum airnya, sedangkan ubinya dimakan.
Ubi jalar diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dengan segudang yang dimiliki ubi jalar ini masihkah anda mau mengabaikannya? Berikut manfaatnya :
1. Ubi jalar mencegah kebutaan
Menurut WHO rata-rata orang yang mengalami kebutaan biasanya terjadi karena kekurangan vitamin A. Ubi jalar memiliki kandungan beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh sehingga dapat mencegah kebutaan.
2. Ubi jalar dapat membantu proses penurunan berat badan
Bagi anda yang diet makan nasi, ubi jalar cocok sebagai makanan pengganti nasi. Karena ubi jalar memiliki kandungan senyawa indeks glikemik rendah, kandungan yang terkandung dalam ubi jalar adalah serat. Kehebatan lain pada ubi jalar adalah dapat membantu kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menghasilkan zat adipnectin. Adipnectin adalah hormon untuk mengatur gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...