Rabu, 02 Maret 2016

Khasiat Luar Biasa Dari Ketimun

Ketimun adalah sayuran yang banyak mengandung air dan bertekstur renyah, yang biasanya banyak di sajikan sebagai pelengkap untuk makan nasi lalapan, salad, rujak, hingga sandwich. Kandungan klori mentimun sangat rendah, namun ia mengandung banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang terdapat dalam buah sayuran yang menyegarkan ini.
Saat ini minuman popular yang sangat digemari adalah lemon infused water, namun ketimun tak kalah baik khasiatnya dibanding lemon. Ketimun infused water perlahan sudah mulai popular di beberapa kalangan, namun masih banyak masyarakat belum mengerti apa khasiatnya. Mari simak penjelasan berikut!
1.Irisan mentimun yang dimasukkan dan didiamkan selama 12 jam ke dalam air minum akan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit termasuk faktor kekurangan gizi. Manfaat air mentimun tidak tidak semata-mata untuk membuat tubuh segar, namun mentimun juga kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B, K, kadar antioksidan, kalium, mangan serta tembaga yang akan membuat badan tetap fit.
2.Baik untuk otot dan tulang
Mentimun dapat memperkuat jaringan ikat, serta membuat tulang-tulang menjadi sehat. Ini disebabkan karena mentimun kaya akan kandungan silika yang sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat, sehingga otot dan tulang tetap kuat.
3.Memperkuat imunitas
Air mentimun kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Hal ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
4.Dapat membersihkan tubuh dari racun
Air mentimun mengandung detoksifikasi, yang mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Termasuk membersihkan hati, juga mengeluarkan metabolit yang ada pada tubuh. Air mentimun juga membantu organ-organ tubuh untuk bekerja lebih efektif.
5.Menangkal kolestrol jahat
Sterol yang terkandung dalam air mentimun ini dapat membantu mengeluarkan kolesterol. Sehingga air mentimun ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
6.Melawan kanker
Kadar antioksidan (pinoresinol) yang tinggi dalam air mentimun dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan ini yang dikandung dalam air mentimun ini memiliki manfaat untuk mengeluarkan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel rusak dan kanker.
7.Melindungi otak
Kandungan anti-inflamasi, fisetin yang terkandung pada mentimun dapat membantu meningkatkan kesehatan otak serta dapat mengurangi peradangan. Khasiat dari air mentimun ini juga mampu mencegah kerusakan dalam otak dengan membantu meningkatkan aliran darah ke dalam otak.
8.Baik untuk kesehatan ginjal, dan mencegah bau mulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...