Kamis, 25 Februari 2016

Menjaga Kesehatan Kandung Empedu Dengan Pola Hidup

Pada dasarnya, menjaga kesehatan kandung empedu adalah dengan cara mencegah terjadinya batu empedu, dan membuat empedu dapat bekerja dengan normal.
Berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kandung empedu :
1.Mengontrol Berat Badan. 
Obesitas atau kelebihan berat badan akan sangat menggangu proses pencernaan. Selain itu, obesitas juga dapat memicu terbentuknya batu pada organ – organ tubuh, salah satunya adalah kandung empedu. Kolestrol yang tinggi dapat mengendap dan menumpuk pada kandung empedu dan menghasilkan batu.
2.Olahraga secara teratur. 
Anda dapat melakukan olahraga yang dapat membakar kalori dengan baik, seperti berlari, badminton, dan berenang, agar tidak terjadi penumpukan lemak pada tubuh anda.
3.Lakukan program diet. 
Program diet haruslah tepat, dipadukan dengan olahraga dan jenis makanan rendah kalori dan tinggi serat serta protein.
4.Kurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi. 
Kalori yang tinggi akan membuat lemak menumpuk. Lemak yang menumpuk berpotensi menimbulkan batu pada kandung empedu
5.Sering minum air putih. 
Air putih sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan tubuh. Minumlah 8 gelas air putih sehari untuk kesehatan kandung empedu anda.
6.Hindari tidur setelah makan. 
Bahaya tidur setelah makan sangat banyak sekali, artinya adalah kalori yang tidak terbakar, sehingga dapat menimbulkan lemak berlebihan. Lemak yang berlebihan akan menumpuk dan berpotensi mengganggu kesehatan kandung empedu.
7.Hindari rokok dan minuman beralkohol. 
Rokok dan minuman beralkohol merupakan sesuatu yang ‘berat’ untuk dicerna. Sehingga selain mempengaruhi kerja ginjal, rokok dan minuman beralkohol juga dapat memperberat kerja kandung empedu, yang harus mengeluarkan cairan empedu lebih banyak untuk menyerap kandungan zat – zat yang ada di dalam rokok atau minuman beralkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...