Selasa, 15 Desember 2015

Lebih Baik Teh Putih Atau Teh Hijau Ya ?

Teh merupakan minuman yang paling bersahabat untuk segala usia, teh menjadi salah satu minuman yang sangat digemari terutama untuk pendamping makanan. Teh hijau maupun teh putih sama-sama berasal dari tanaman Camellia sinensis. Warna daun mencerminkan tingkat oksidasi yang dialami daun. 
Apa si perbedaan dari kedua teh tersebut ? Mari kita simak informasi berikut!
Teh putih (white tea) merupakan jenis teh yang masih terdengar asing, terutama apabila dibandingkan dengan popularitas teh hitam dan teh hijau. Kurang populernya teh putih bukan tanpa sebab, karena teh tersebut ternyata merupakan jenis teh yang paling langka dan paling mahal di dunia. Harganya yang tinggi menjadikan teh putih kadang digunakan sebagai simbol status sosial seseorang. Karena harga yang tinggi itu pula yang menyebabkan tidak banyak orang mengkonsumsinya sehingga kurang populer.
Teh hijau dibuat dari daun Camellia sinensis yang telah melalui proses oksidasi yang minimal. Teh hijau berasal dari Tiongkok dan ditemukan banyak di kebudayaan Asia. Sekarang teh hijau juga telah merambah di negeri Barat yang sebelumnya mengkonsumsi teh hitam. Teh hijau dimanfaatkan dalam berbagai minuman, makanan sehat, suplemen diet, dan kosmetik. Variasi teh hijau pun berbagai macam tergantung kondisi tumbuh, proses produksi, dan waktu penuaian. Teh hijau mengandung flavonoid, dimana kandungannya lebih tinggi daripada makanan atau minuman yang dianggap sehat seperti buah atau jus sayur.
Lalu apa manfaat dari kedua teh tersebut?
Manfaat teh putih dipercaya lebih unggul dibandingkan teh hijau untuk pencegahan kanker.
Teh putih mengandung polifenol lebih tinggi, para ilmuwan menyatakan bahwa teh putih lebih baik dalam mencegah kerusakan sel yang dapat memicu kanker.
Sedangkan manfaat teh hijau dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel beberapa jenis kanker, termasuk payudara, esofagus, prostat dan perut. Selain pencegahan kanker, teh hijau juga mampu membantu beberapa penyakit seperti kolestrol, jantung, menjaga kesehatan gigi, mencegah tumbuhnya bakteri pada gigi, serta membantu menurunkan berat badan.
Dengan segudang manfaat dari kedua teh ini, masihkah anda mau mengabaikan untuk meminun teh? Apapun yang anda pilih, teh putih atau teh hijau sama-sama memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...