Selasa, 15 September 2015

World Lymphoma Awareness Day September 15

Pada selasa 15 Sept 2015, diperingati sebagai Hari Peduli Kanker Limfoma Sedunia. 
Limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening adalah salah satu jenis kanker yang angka kejadiannya terus meningkat. Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang jenis kanker ini, sejak tahun 2004 telah diperingati Hari Peduli Limfoma Sedunia di berbagai belahan dunia. Peringatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan kepada semua pihak mengenai bahayanya kanker limfoma. Dan di samping itu juga mengajak semua pihak untuk mengenal lebih jauh apa, penyebab dan gejala dari kanker limfoma.
Limfoma merupakan tumor ganas yang berasal dari kelenjar getah bening. Limfoma menyerang sel getah bening, yang biasanya sel getah bening ini banyak terdapat di dalam darah dan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdapat pada leher, pangkal paha dan ketiak. Namun kebanyakan yang menderita limfoma banyak ditemukan di bagian leher, karena leher memiliki banyak susunan kelenjar getah bening. Pada umumnya limfoma dikelompokkan menjadi 2 yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-hodgkin.
Hingga saat ini penyebab limfoma masih belum diketahui secara pasti, namun pada umumnya penyebaran kanker ini dikarenakan oleh infeksi virus.
Apa saja gejala limfoma pada stadium awal ?
1. Gejala sistemik
Sekitar 10% pasien limfoma awalnya akan mengalami beberapa gejala seperti demam, gatal, berkeringat, berat badan turun dan lain-lain. Dan seiring dengan memburuknya kondisi akan muncul gejala lainnya seperti anemia dan lemas.
2. Anemia
Saat melakukan pemeriksaan, sekitar 10-20% pasien limfoma mengalami gejala anemia, bahkan beberap bulan sebelumnya terjadi pembengkakan pada kelenjar limfa.
3. Pembengkakan kelenjar getah bening leher
Sekitar 60% pasien limfoma pertama-tama akan mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Awal kemunculannya mungkin tidak terasa sakit ataupun gatal sehingga mudah diabaikan. Tetapi seiring waktu, jumlah benjolan dapat bertambah dan semakin membesar.
4. Gangguan pencernaan 
Biasanya ditandai dengan hilangnya nafsu makan, sakit perut, diare, dan pada sebagian pasien juga muncul gejala obstruksi usus dan pendarahan.

Ahli Onkologi Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, karena gejala awal limfoma cenderung tersembunyi, dan mirip dengan penyakit ringan seperti flu, yang akhirnya menyebabkan banyak orang mengabaikannya dan menunda waktu pengobatan terbaik. Jadi, ketika anda mengalami gejala-gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...