Sabtu, 05 Maret 2016

Lebih Baik Beras Merah Atau Putih ?

Beras merah atau brown rice adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling, jadi bisa dikatakan whole grain atau berbutir utuh. Beras merah mempunyai rasa sedikit seperti kacang dan lebih kenyal daripada beras putih. Meskipun lebih cepat basi, tetapi beras merah lebih bernutrisi. luar atau kulit ari / sekam dari biji padi dikupas maka hasilnya adalah beras merah. Namun jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka hasilnya adalah beras putih biasa. Beberapa jenis vitamin dan mineral akan hilang dalam proses penggilingan butir padi. Akibatnya, beberapa nutrisi yang hilang seperti vitamin B1, B3, dan besi seringkali ditambahkan kembali pada beras putih sehingga berlabel "diperkaya" (enriched). Sementara pada beras merah, satu jenis mineral yang tidak perlu ditambahkan adalah magnesium. 
Beras merah dipercaya memiliki kadar gula lebih rendah dibandingkan beras putih sehingga dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya :
Sangat cocok untuk diet
Kandungan fiber yang tinggi juga membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet. Salah satu contohnya, beras merah digunakan dalam hidangan diet makrobiotik, dimana teorinya adalah masakan yang tidak banyak mengalami pemrosesan dianggap lebih sehat.
Mencegah sembelit
Karena kandungan fibernya yang tinggi, selain bernutrisi tinggi, beras merah juga mampu mencegah sembelit sehingga memperlancar pencernaan. Namun efek tersebut tergantung dari kebiasaan pengkonsumsi dan dicuci atau tidaknya beras merah tersebut sebelum dimasak.
Mencegah terjadinya diabetes
Karena beras merah memiliki kadar gula yang rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes dan dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.
Membantu melancarkan pencernaan
Serat yang dihasilkan dari beras merah oleh system pencernaan akan membantu anda untuk mengontrol nafsu makan anda, sehingga tidak mudah lapar, oleh karena itu dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...