Sabtu, 20 Februari 2016

Apakah Kanker Empedu ?

Kanker empedu adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan kandung empedu, kanker kandung empedu yang merupakan titik awal kanker lebih jarang ditemukan, perbandingan tumbuhnya kanker kandung empedu pada pria dan wanita adalah 1 : 2, terutama wanita yang berumur 60 ke atas lebih gampang terkena penyakit ini, prognosisnya kurang bagus, kemungkinan jangka waktu hidup 5 tahun hanya 3%.
Kemungkinan tumbuhnya kanker kandung empedu lebih rendah dibandingkan dengan kanker paru-paru dan kanker lambung, tapi beberapa tahun terakhir ini kasus tumbuhnya kanker kandung empedu menunjukkan adanya peningkatan. Karena gejala tahap awal tidak jelas, kanker kandung empedu tidak gampang didiagnosis, sedangkan hasil terapi terhadap tahap menengah dan tahap akhirnya agak buruk, di atas 80% pasien kanker kandung empedu meninggal dalam kurun waktu di bawah satu tahun. Apabila dapat didiagnosis pada tahap awal, melakukan operasi atau terapi tepat waktu, kemungkinan hidup 5 tahun pasien kanker kandung empedu bisa mencapai lebih dari 90%. Maka pemeriksaan kanker kandung empedu sangat penting, semakin awal ditemukan penyakit, semakin awal menjalankan pengobatan.
Penilaian kanker kandung empedu
Tahap I : organ kanker hanya sebatas lapisan mukosa, dan juga merupakan sumber kanker. Operasi bisa memberikan hasil yang sangat baik.
Tahap II : organ kanker menginvasi sampai ke lapisan otot. Pasien setelah menjalankan operasi, kemungkinan hidup 5 tahun bisa mencapai 20% - 30%.
Tahap III : organ kanker menginvasi sampai ke dinding kandung empedu. Pasien setelah menjalankan operasi juga kemungkinan hidup 5 tahun bisa mencapai 20% - 30%.
Tahap IV : organ kanker menginvasi sampai ke dinding kandung empedu dan kelenjar getah bening di sekitarnya. Sebagian dari pasien tahap ini bisa menjalankan operasi bagian luar, tapi secara keseluruhan hasilnya kurang bagus, sebagian kecil pasien dapat bertahan hidup sampai 5 tahun ke atas.
Tahap V : organ kanker menginvasi ke hati secara langsung atau bahkan juga menyebar sampai ke organ lainnya. Kanker kandung empedu telah membesar ke seluruh tubuh, waktu hidup pasen jarang sekali ada yang bisa melebihi 1 tahun.
  
Gejala kanker kandung empedu tahap awal lebih sedikit, tidak ada yang spesifik, tapi diagnosis kanker kandung empedu tahap awal dan operasi awal adalah hal yang penting dalam mempertahankan kehidupan. Melakukan operasi sangatlah berarti untuk menambah waktu hidup pada pasien. Apabila tidak bisa memutuskan normal atau tidaknya kondisi sendiri, seharusnya segera mencari dokter untuk minta bantuan, begitu dipastikan diagnosisnya, segera jalankan pengobatan, jangan sampai tertunda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...