Senin, 28 September 2015

Apa Penyebab & Faktor Resiko Kanker Mulut ?

Kanker mulut adalah kanker yang tumbuh dalam rongga mulut.. Kanker mulut dapat muncul di bibir, gusi, lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, dan dasar mulut.
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut adalah penggunaan tembakau, misalnya merokok dan mengunyah tembakau, konsumsi alkohol, orang dengan risiko tertular penyakit seksual yang disebabkan Human Papiloma Virus (HPV), kebiasaan menginang sirih, dan terkena paparan sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya atau pelembab.
1. Perubahan warna : Apabila rongga mulut berubah warna menjadi putih, coklat atau hitam, berarti sel epidermal mukosa terjadi perubahan. Terutama mukosa oral berubah menjadi kasar, penebalan atau menjadi scleroma, timbul mukosa oral leukoplakia, eritema, sangat mungkin telah terjadi canceration.
2. Luka yang tidak sembuh : Proses luka pada rongga mulut umumnya tidak lebih dari dua minggu, apabila muncul rasa terbakar, rasa sakit yang melebihi waktu dua minggu dan tidak membaik, perlu waspada akan kemungkinan terjadinya kanker rongga mulut.
3. Rasa sakit yang jelas : Pada stadium awal tidak ada rasa sakit atau hanya merasakan gesekan abnormal pada satu bagian, setelah memborok rasa sakit jelas, seiring dengan infasi tumor lebih lanjut ke syaraf, menyebabkan rasa sakit pada telinga dan tenggorokan.
4. Pembengkakan kelenjar getah bening : Kanker rongga mulut kebanyakan metastase ke kelenjar getah bening pada bagian leher, menyebabkan timbulnya pembengkakan kelenjar getah bening.
5. Gejala disfungsi : Tumor mungkin invasi ke otot mulut dan persendian rahang bawah, menyebabkan gerakan membuka dan menutup mulut terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...