Minggu, 29 Maret 2015

KENALI GEJALA LIMFOMA DARI SEKARANG

Berkaitan dengan maraknya pemberitaan tentang kanker kelenjar getah bening atau limfoma yang sempat diderita oleh artis Olga Syahputra, ada baiknya kita sebagai masyarakat awam lebih waspada dan memperhatikan gejala-gejala yang muncul.
1. Hodgkin's : Merupakan jenis limfoma yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. 
Berikut adalah gejala-gejala terkena kanker getah bening jenis Hodgkin's:
• Pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening pada tubuh meliputi Leher, ketiak, dan lipat paha (tidak terasa nyeri).
• Demam, berkeringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan berat badan turun.
Semakin berkembang, sel-sel abnormal akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya dan mulai menyerang organ lain.

2. Non-Hodgkin : Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Gejala-gejala kanker getah bening jenis Non-Hodgkin:
• Pembesaran kelenjar getah bening.
• Pembesaran limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan.
• Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, lelah, dan berat badan menurun.

Jika anda menemukan gejala-gejala di bawah ini terjadi pada anda dan keluarga anda, segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit setempat. Jangan sampai terlambat! Semakin cepat terdeteksi dan diobati, semakin besar peluang kesembuhannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...