Minggu, 16 Oktober 2016

Jangan Takut, Ayo Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang bisa dideteksi sejak dini. Sayangnya, banyak wanita yang mengabaikannya. Hal ini membuat kasus kanker payudara banyak ditemukan pada stadium lanjut.
Survivor kanker payudara yang juga dari komunitas Lovepink, Dede Gracia mengatakan, persepsi itu harus diubah. Masih banyak wanita yang belum tahu bahwa tingkat keberhasilan kesembuhan kanker payudara sangat tinggi jika diketahui pada stadium awal.
Cara yang paling sederhana untuk deteksi dini adalah dengan SADARI atau periksa payudara sendiri. SADARI bisa mulai dilakukan sejak wanita mendapatkan haid dan rutin sebulan sekali : 
1. Memeriksakan diri di depan kaca
Berdiri tegak di depan cermin, letakkan kedua tangan secara alami di kedua sisi tubuh anda, dari cermin perhatikanlah kesimetrisan kedua payudara anda, lihatlah apakah ada kulit payudara yang tidak normal.
2. Pemeriksaan dengan posisi berbaring
Berbaringlah di atas tempat tidur, fokuskan perhatian anda pada puting payudara anda, gunakan jari untuk meraba searah jarum jam. Saat melakukan pemeriksaan gunakan tenaga yang merata, gunakan tangan, tekan sampai menyentuh bagian tulang iga. Jika anda menemukan kelenjar, benjolan, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke rumah sakit.
3. Memijat ringan puting
Menggunakan telunjuk dan jari tengah, pijat ringan daerah puting, perhatikan apakah puting mengeluarkan cairan, jika mengeluarkan cairan, perhatikan warna dari cairan tersebut, dan segeralah melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...