Jumat, 30 September 2016

"Black Garlic" Berkhasiat Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Black garlic atau bawang putih hitam, kini menjadi bahan makanan sehat yang tengah naik daun. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar swalayan. Bawang putih hitam merupakan bahan makanan kuno. Pertama kali dibuat di Korea sekitar 4.000 tahun, dan kini kembali digemari oleh pelaku gaya hidup sehat maupun ahli gizi.
Bawang putih hitam diolah melalui proses penuaan yang berlangsung sekitar 3 minggu. Diproses dalam kondisi lembab dan panas untuk membentuk karamel pada daging bawang, termasuk membentuk rasa yang lebih kuat. Gula dan asam amino menghasilkan melanoidin, membuat daging bawang putih menjadi hitam.
Apa saja khasiatnya?
1. Tinggi Antioksidan
Sebuah studi menemukan, bahwa bawang putih hitam memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi ketimbang bawang putih biasa.
Tingginya kandungan tersebut, dapat digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes. Antioksidan sendiri mampu melindungi integritas sel dan telah dikaitkan dengan menunda tanda-tanda penuaan.
2. Menurunkan Kolesterol
Bawang putih hitam mengandung konsentrasi tinggi dari senyawa S-allylcysteine, yang telah ditemukan mampu menurunkan kadarKolesterol.
3. Mencegah Kanker Usus
Sebuah 2014 studi yang dimuat dalam Spandidos Publications menemukan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar.
Hal ini menunjukkan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua mungkin dapat digunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker usus besar di masa depan.
Kanker usus merupakan kanker umum yang terjadi di bagian pencernaan, selain kanker lambung dan kanker esophagus. Sebagian besar pasien kanker usus berusia di atas 40 tahun, terdapat sekitar 15% penderita yang berusia 30 ke bawah, dan lebih sering di temukan pada laki-laki. 
Meskipun tingkat kejadian kanker usus cenderung tinggi, tapi masih banyak yang tidak terlalu memahami mengenai gejala kanker usus, berikut beberapa gejala kanker usus yang diberikan oleh ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou :
1. BAB berdarah tanpa rasa sakit
2. Perubahan kebiasaan BAB dan bentuk feses
3. Gangguan saluran usus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...