Rabu, 01 Juli 2015

Jalan Kaki Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara


Aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki terbukti membantu menjauhkan wanita dari ancaman kanker.  Penelitian menunjukkan, wanita usia lanjut yang rutin berjalan kaki memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah. Risiko mereka terkena kanker lebih kecil dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.

Dengan berjalan kaki, Anda dapat menurunkan risiko kanker payudara
Sebuah riset membuktikan, wanita pascamenopause yang rutin jalan kaki minimal 1 jam sehari memiliki risiko kanker payudara 14% lebih rendah dibandingkan mereka yang tak rutin jalan kaki. Makin sering dan rutin jalan kaki dilakukan, risiko kanker pun akan semakin rendah. Dan rutin melakukan latihan fisik 7 jam per minggu dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 25%. 

Riset ini memang tidak bisa membuktikan jalan kaki mencegah kanker sepenuhnya. Namun, peneliti percaya, hal ini berhubungan dengan hormon, resistansi insulin, berat badan, dan berbagai faktor risiko kanker payudara.

Orang dewasa disarankan berolahraga minimal 2,5 jam dengan level sedang setiap minggunya. Atau setidaknya melakukan latihan fisik berat selama 1 jam 15 menit setiap minggunya. 

Menurut seorang dokter asal California, wanita bisa menambahkan kegiatan jalan kaki selama 1 jam ke dalam kegiatan kesehariannya. Semakin banyak duduk atau jarang beraktivitas, risiko seorang wanita terkena kanker payudara pun akan semakin tinggi.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Ayo cegah kanker dari sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...