Selasa, 19 April 2016

Daun Ketumbar dan Manfaatnya

Penggunaan daun ketumbar di Indonesia mungkin masih terbilang jarang, namun daun yang memiliki aroma khas ini ternyata populer digunakan di seluruh penjuru dunia.
Daun ketumbar memang dikenal sebagai bahan masakan salad di Meksiko, India, China, Amerika Latin, serta berbagai masakan tradisional lainnya di berbagai negara.
Berbeda dengan biji ketumbar, daun ketumbar dikenal memiliki aroma yang kuat dan khas. Pada beberapa orang aroma khas ini dianggap menyegarkan, sementara sebagian lainnya tidak menyukai rasa dan baunya sehingga mereka cenderung menghindari daun ketumbar.
Namun dibalik nikmatnya daun ketumbar, tanaman ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, diataranya :
1. Dapat Menurunkan Gula Darah
Daun ketumbar secara alami dapat membantu menurunkan gula darah berkat kandungan kalium dan natrium di dalamnya.
2. Mengusir Racun Dalam Tubuh
Logam berat seperti timah, aluminium, dan merkuri terakumulasi dalam tubuh manusia dengan jangka waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, racun dan logam ini dapat menyebabkan penyakit seperti demensia, autisme, dan infertilitas. Daun ketumbar mampu menghilangkan racun dan logam-logam tersebut yang ada dalam tubuh.
3. Mencegah Batu Ginjal
Dapat mendetoks Ginjal serta mencegah resiko batu Ginjal.
4. Mencegah Pembekuan Darah dan Osteoporosis
Daun ketumbar mengandung vitamin K yang cukup tinggi di mana tidak hanya baik untuk kesehatan tulang namun juga berperan penting dalam mencegah pembekuan darah.
5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Daun ini juga dipercaya dapat mencegah infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan penyakit serius pada saluran kemih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kanker Payudara pada Pria ? Sangat mungkin !

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki...